Mengenal Gmail dan cara memanfaatkannya

Cara membuat gmail Bismillahirohmanirrohim.

Kali ini saya menyempatkan diri untuk menulis blog setelah lama vakum. Semoga tulisan kali ini mudah diterima dan dipahami sehingga mendatangkan manfaat untuk siapa saja yang membacanya.

Langsung saja kita bahas materinya yaitu Mengenal Gmail dan Cara Memanfaatkannya. Gmail adalah Layanan email gratis dari google. Email milik google ini memiliki beberapa kelebihan yaitu tidak hanya dapat digunakan untuk mengirim surat secara elektronik, tapi bisa digunakan untuk media sosial seperti chatting dengan layanan Hangoutsnya. Yang kita bahas kali ini adalah beberapa fungsi dasar yang ada di gmail. Dengan begitu kita bisa tahu bagaimana menggunakan gmail.

Mengenal Gmail dan cara memanfaatkannya
Logo gmail saat pencarian di google searcing

Mengenal Gmail dan cara memanfaatkannya

  1. Apa itu Gmail
  2. Cara Daftar Gmail
  3. Cara Mengirim pesan beserta lampiran
  4. Cara membaca pesan masuk dan membalas email di gmail
  5. Chatting di gmail (Hangouts)

1. Apa itu gmail

Gmail adalah layanan mengirim dan menerima email (surat elektronik/surel) gratis dari google. Awalnya gmail dikirim dengan sistem undangan dalam bentuk Beta pada 1 April 2004 dan tersedia untuk publik pada 7 Februari 2007 meski masih menyandang status Beta. Untuk membuka gmail anda bisa mengakses alamat www.gmail.com.

2. Cara Daftar gmail


Untuk dapat memanfaatkan layanan email gmail anda harus membuat atau mendaftar di gmail. Untuk mendaftar silakan masuk ke gmail.com terus klik create account. Beberapa data yang wajib diisi antaranya :
  1. Isi Nama yang diinginkan. Isi nama depan, nama belakang.
  2. Pilih username. Username adalah nama yang menjadi alamat email kita nantinya.
  3. Terus pilih password,
  4. Ulangi password yang sudah dibuat tadi, (pilihlah kata yang mudah diingat tapi susah ditebak, sehingga tidak mudah lupa. Pastikan kata itu hanya anda yang tahu.) Kalau perlu catat agar tidak lupa nantinya.
  5. Isi tanggal, bulan dan tahun lahir,
  6. Isi gender atau jenis kelamin,
  7. Ini juga nomor hp aktif untuk konfirmasi
  8. Isi email lain yang dimiliki untuk konfirmasi
  9. Pilih Indonesia trus klik next step.
    Setelah mendapatkan sms dari google yang berisi kode verifikasi, masukkan kode verifikasi itu kedalam kotak yang disediakan pada tahapan selanjutnya. Terus klik continue.

    Tunggu beberapa saat lagi anda sudah memiliki alamat email google. Email itu bisa digunakan sebagai surat elektronik untuk mengirim dan menerima pesan. Untuk tutorial selengkapnya cara membuat email bisa baca di cara membuat email gmail lengkap.

Video Cara Membuat Gmail



3. Cara mengirim email gmail dilengkapi dengan lampiran


Bagi pemula yang baru mengenal internet mungkin masih bingung bagaimana sih cara untuk mengirim email. Sebenarnya caranya mudah saja. Baik saya bantu tunjukkan seperti ini caranya.
  1. Login di gmail.
  2. Klik tulis atau compose yang berwarna merah seperti gambar berikut.
    cara menulis dan mengirim email
  3. isi alamat email yang dituju
  4. Masukkan subject atau judul pesan yang ingin dikirim
  5. Tulis isi emailnya.
  6. Jika ada lampiran yang disertakan dalam email, maka masukkan lampiran di Lampiran file. Jika filenya banyak berupa folder, maka kompres terlebih dahulu menjadi .zip atau .rar untuk mempermudah pengiriman.
    mengirim email di gmail
  7. Jika sudah selesai menulis pesan, silakan dikirim klik kirim. Dalam beberapa saat email anda akan terkirim penerima.
  8. Selesai


4. cara membaca pesan yang masuk di gmail


Yang namanya pemula dan baru mungkin masih bingung dimana pesan masuk. Sebenarnya mudah, tinggal klik kotak masuk, disitulah tempat email masuk sama seperti sms. Terkadang email masuk malah ke kotak spam. Untuk melihatnya silakan klik Selengkapnya terus disitu ada menu spam terus di klik. Biasanya pesan yang dicurigai ada disitu.

Untuk membalas email juga tidak sulit tinggal klik balas yang ada dibawah pesan. Selanjutnya tulis pesan balasan terus kirim. Terus..... ya sudah Simple kan. :D

5. chatting di gmail (Hangouts)


Bisakah chatting di gmail, tentu saja bisa, hanya saja menu ini kurang populer. Google menamai layanan ini dengan nama Hangouts yaitu layanan chatting di google. Letaknya ada dibawah menu gmail anda.

Hangouts memiliki fungsi seperti messenger pada facebook. Di Hangouts kita bisa mengirim pesan singkat dan photo juga. Bagi anda pengguna android bisa menggunakan hangouts yang sudah terinstall di hape android.
Demikian informasi mengenai gmail secara singkat ini semoga bisa dimengerti dan dipahami. Jika ada yang kurang jelas, silakan dikomentari.